Rabu, 14 Mei 2008

SIMULASI SOFTWARE PADA PENGOLAHAN DATA CITRA

SIMULASI SOFTWARE PENGOLAHAN DATA CITRA
DI BIDANG KLIMATOLOGI DAN KELAUTAN

Simulasi Transform
Untuk mentransformasi data biner menjadi gambar. Misalnya dalam menggambar arah angin, dimana kita ingin menggambarkan pergerakan arah angin yang terjadi
di daerah tertentu dan pada waktu tertentu. Selain itu, kita juga dapat mengetahui jenis daerah pada suatu peta apakah itu berupa lautan, daratan, pemukiman, pedalaman, dsb. Namun, sebelumnya kita harus mendownload dari internet data biner yang akan kita transformasikan.
Langkah-langkahnya sebagai berikut:
1. Download daat di topex,
2. Buka transform, ambil data,
o Untuk text colums kita bawa ke pfe (program file editor),
o Data di topex kita copy,
o Buka pfe, paste
o Save dengan ekstensi .btm
3. Matriks di ubah di fortran
o Pada fortran matriks kemudian dipanggil
o Kemudian nilainya dikonversi
a. + menjadi 0
b. – menjadi 0
4. Data yang sudah dikonversi tadi kita simpan denga nama lain.

Simulasi PC GRADs ( Grid Analisys and Display System)
Software ini digunakan untuk mengolah data biner yang telah kita peroleh. Dalam mengolah data angin misalnya, dimana terlebih dahulu kita harus mengatur lintang dan bujur dari suatu peta.
Langkah-langkahnya sebagai berikut:
1. Buka program files, PC Grad, win 32
2. Ketik d:\ enter
3. Ketik set lon 95 141 (untuk bujur)
4. Ketik set lat 6 11 (untuk lintang)
5. Ketik set lev 950 ( ketinggian tekanan)
6. Ketik set t 1 1460 (waktu : 365x4 (non kabisat))
7. Ketik fwrite u2006.dat (menyimpan file)
8. Ketik set go out fwrite ( melihat tampilan dari matriks)
9. Ketik d nama file (untuk menjalankan)

Simulasi Pembacaan Data Biner dengan program MATLAB
Struktur data yang mendasar pada matlab adalah array dan matriks yaitu sebuah kumpulan data terurut yang mempunyai tipe bilangan real, atau kompleks, namun pada matlab tidak mendukung citra yang bertipe bilangan kompleks.Nilai-nilai pada array dan matriks tersebut merepresentasikan elemen dasar citra yang berupa kumpulan warna atau intensitas dari suatu citra.
Matlab menyimpan data citra biasanya dalam array 2 dimensi (matriks) dan nilai-nilai pada setiap matriks tersebut adalah nilai dari sebuah pixel yang ditampilkan pada citra Dalam sebuah citra biner, setiap pixel hanya mempunyai kemungkinan 2 nilai, seperti on dan off. Dan sebuah citra biner disimpan dalam matriks dengan nilai 0 (off) dan 1 (on).
Fungsi Imread pada matlab adalah membaca sebuah citra dari file yang bertipe
· Citra dengan format kompresi PNG (Portable Network Graphics), menggunakan teknik kompresi pengelompokan jumlah pixel, yaitu pixel yang sama disimpan sekali dan diikuti dengan jumlah pixel pada citra aslinya, sehingga format citra ini sesuai untuk citra yang mempunyai banyak pixel sama, seperti pada citra statistik seperti diagram batang, pie chart, scatter diagram dan sebagainya.
· Citra dengan format kompresi JPEG (Joint Photographic Experts Groups), menggunakan format warna 24 bit (16 juta/ 16.776.960), menggunakan teknik progressive, yaitu menampilkan sebagian citra secara bertahap, sehingga gambar tidak perlu di-download secara keseluruhan (serupa dengan teknik interlacing pada GIF), biasanya digunakan untuk menampilkan citra yang memerlukan kualitas tinggi. Untuk memperkecil citra maka sebaliknya dilakukan teknik blur (teknik perataan pixel, sehingga citra tampak buram) dahulu kemudian baru dikecilkan.
· Citra dengan format kompresi GIF (Graphics Interchange Format), menggunakan format warna 8 bit (256), teknik penyimpanan interlacing sehingga citra dapat dilihat pada jendela browser secara bertahap (tidak perlu menunggu sampai semua file terkirim). Disamping itu juga menggunakan teknik transparan sehingga citra dapat digunakan sebagai latar belakang yang terlihat secara samar-samar. Dengan menggabungkan beberapa citra maka didapatkan suatu animasi citra yang bergerak, contohnya menggunakan software GIF Animator.
Untuk menampilkan citra biner pada matlab kita menggunakan perintah Imshow (BW ). Imshow akan memperlakukan citra biner sebagai citra berintensitas jika matriks citra tersebut mempunyai kelas dobel. Nilai 0 pada matriks citra ditampilkan warna hitam dan nilai 1 ditampilkan dengan warna putih.

1 komentar:

Unknown mengatakan...

mantab sw nya gan..sip dah

PIALA DUNIA 2014
http://goo.gl/qdXtEV